psikologi warna untuk rumah

Posted by   on

warna
Psikologi warna itu benar adanya. Faber Birren telah merangkumnya dalam buku Color Psychology and Color Therapy.

Setiap warna melambangkan keadaan atau kondisi tertentu. Pemilihan warna yang tepat dapat memancing inspirasi, menciptakan ilusi ruang, atau sekadar menenangkan hati dan atmosfer berbagai ruangan.
Karena itu menerapkan psikologi warna di rumah menjadi penting. "Kekuatan warna terletak pada kemampuannya mengubah perasaan dan pengalaman Anda,".

Wirania Swasty memaparkan karakter masing-masing warna seperti halnya buku Paduan Warna Menarik Untuk Rumah. Warna dapat dibagi dalam tiga kategori seperti dijelaskan di bawah ini


cat

1.Warna hangat

Merah, kuning, dan jingga masuk kategori ini. Ketiganya ada pada api, jadi kesan yang ditimbulkan warna-warna ini adalah panas atau hangat.
Merah
Ini adalah warna dengan karakter kuat dan paling menarik perhatian. Warna merah identik dengan gairah, semangat, dan emosi yang kuat. Dalam rumah, warna merah sebaiknya digunakan sebagai aksen pencerah, bukan warna utama.
Jingga
Warna ini memberi kesan optimistis, berenergi, kreatif dan berjiwa muda. Jingga dapat memecah kekakuan ruangan membuatnya lebih bersahabat. Warna ini cocok digunakan untuk cat ruang keluarga atau ruang belajar karena mampu merangsang daya pikir.
Kuning
Perasaan optimistis, percaya diri, akrab, memotivasi adalah perasaan yang dapat ditimbulkan warna ini. Kuning cocok dipakai di ruangan apapun karena karakternya yang hangat.

2.Warna dingin

Warna-warna yang masuk kategori ini melambangkan sejuknya air, indanhnya pemandangan. Hijau, biru, ungu, dan merah jambu adalah warna-warna yang masuk kategori ini.
Hijau
Warna ini bersifat menenangkan dan menyegarkan. Hijau juga melambangkan kesehatan, harapan, dan relaksasi. Hijau muda memberi kesan segar dan ringan sementara hijau tua Hijau cocok untuk warna kamar tidur anak dan remaja karena mampu mencerahkan suasana hati.
Biru
Warna ini diasosiasikan dengan langit dan air. Warna ini secara psikologis mampu menurunkan tekanan darah, membuat Anda lebih tenang. Warna ini menciptakan suasana diam, dan rileks. Maka dari itu, di dalam rumah, warna biru cocok diaplikasikan pada kamar tidur dan kamar mandi.
Ungu
Kesan dingin, lembut, menyenangkan ditimbulkan oleh warna ini. Ungu identik dengan kesan feminin. Ungu memberi efek mewah, orisinil, dan kesan spiritual. Warna ini mampu mencukung meditasi dan kontemplasi. Ungu cocok untuk kamar tidur anak.
Merah jambu
Seperti ungu, warna ini juga identik dengan perempuan, hal-hal romantis, dan lembut. Merah jambu tua memiliki kesan dinamis, cocok untuk aksen ruangan.

3.Warna netral

Putih, hitam, cokelat dan abu-abu adalahempat warna yang masuk kategori ini. Warna netral paling populer karena bisa diterapkan secara lebih leluasa pada berbagai ruangan.
Putih
Layaknya kanvas, warna putih akan memberikan kesan bersih, modern, fungsional. Warna ini cocok bersanding dengan gaya interior apa saja, terutama minimalis. Putih bersifat memantulkan cahaya, membuat kesan ruangan lebih besar dan terang.
Abu-abu
Warna ini melambangkan ketenangan dan kesederhanaan. Abu-abu juga dapat berfungsi sebagai warna pengoreksi ruangan yang terlalu kecil, besar, atau panjang. Warna ini cocok untuk ruangan bergaya modern dan minimalis.
Hitam
Warna ini memiliki daya tarik artistik tinggi. Selain itu juga menimbulkan kesan mewah dan elegan. Di sisi lain, hitam menggambarkan kesedihan.
Warna ini berlawanan dengan putih, menyerap segala warna. Karenanya hitam hanya cocok menjadi aksen pada sebuah ruangan.
Cokelat
Warna yang identik dengan alam, karakternya netral namun cenderung hangat. Selain umum digunakan sebagai warna kusen dan furnitur, lantai dan langit-langit juga cocok menggunakan warna ini.


Hirukpikuknews
HirukPikuk Updated at: 22.41.00
Tidak ada komentar:
Write komentar

FOLLOW ME hirukpikuk
Join Our Newsletter