menghilangkan bau busuk pada sepatu

Posted by   on

sepatu
Sepatu yang bagus tidak menjamin baunya enak. Ada sepatu yang baunya busuk, terutama sepatu yang sudah lama tidak dicuci dan sepatu olahraga.
Aroma sepatu yang tidak sedap disebabkan oleh keringat yang keluar dari kaki yang menempel di dalam sepatu. Keringat itu mengandung bakteri yang kemudian berkembang biak di dalam sepatu. Metabolisme bakteri itulah yang sebenarnya menyebabkan aroma menyengat.

Semakin banyak keringat yang menempel di dalam sepatu, semakin kuat aroma tak sedap itu. Mengapa demikian? Karena sebenarnya bakteri itu memakan keringat yang keluar dari kaki dan terus berkembang biak sambil memproduksi zat asam yang menebarkan bau tak sedap.
Cara pertama yang harus dilakukan jika mendapati sepatu yang berbau adalah dengan mencucinya hingga bersih dan kering. Lalu, agar bau tak sedap itu tidak muncul, berikut ini kiat-kiat yang bisa Anda terapkan:

Taburkan baking soda

Selain bermanfaat sebagai campuran dalam pembuatan roti dan kue, baking soda ternyata juga mampu menghilangkan bau pada sepatu. Caranya, taburkan baking soda ke dalam sepatu pada malam hari. Lalu, pada pagi harinya bersihkan baking soda dari dalam sepatu dengan cara menyikatnya.
Baking soda akan menyerap bau tak sedap yang ada di dalam sepatu.

Minyak esens

Minyak esens adalah cairan aromatik pada tanaman. Selain sebagai pereda stres, minyak esens juga bisa menghilangkan aroma tak sedap yang ada di dalam sepatu.
Caranya, tetesi sepatu bagian dalam dengan minyak esens. Lalu, letakkan lebaran kertas di dalam sepatu. Biarkan minyak esens dan kertas itu semalaman sebelum sepatu itu digunakan kembali.

Cuka

Bau tak sedap di sepatu juga bisa dihilangkan dengan menggunakan cuka. Caranya, rendam sepatu dan solnya dalam larutan cuka. Gunakan sekitar 2 cangkir cuka untuk 8 liter air.
Jika terlalu banyak, kurangi takarannya: 1 cangkir cuka untuk 4 liter air. Aduk campuran air dan cuka itu, lalu rendam sepatu selama satu jam. Setelah itu, cuci hingga bersih dan keringkan sepatu dengan cara menjemurnya di bawah sinar matahari.

Kulit jeruk

Kulit jeruk ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan sepatu. Caranya, potong-potong kulit jeruk dan masukkan ke dalam sepatu. Tinggalkan semalaman kulit jeruk itu di dalam sepatu. Kulit jeruk itu akan menyerap kelembapan di dalam sepatu dan membuat sepatu Anda wangi.

Kertas koran

Koran yang sudah tidak dibaca ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau sepatu yang tak sedap.
Caranya, masukkan koran yang sudah diremas-remas ke dalam sepatu. Lalu, bungkus sepatu itu dengan kertas koran lainnya. Biarkan sepatu semalaman sebelum digunakan pada pagi harinya.

Teh celup

Teh celup ternyata bisa pula digunakan untuk menghilangkan sepatu yang bau. Pilihlah teh hitam untuk lebih memaksimalkan usaha mematikan bakteri yang mengeluarkan aroma tak sedap .
Sebelum digunakan, letakkan teh celup pada air mendidih selama beberapa menit. Kemudian, tiriskan dan tunggu hingga kantong teh celup ini dingin. Lalu, letakkan teh celup yang sudah dingin itu di dalam sepatu selama semalam. Bersihkan pada pagi harinya sebelum digunakan.

Masukkan sepatu ke dalam kulkas

Cara ini memang tampak konyol namun berhasil. Masukkan sepasangsepatu yang berbau kedalam kantung plastik yang kedap udara. Lalu, letakkan kantong plastik itu di dalam mesin pendingin (freezer) semalaman.
Pada pagi harinya, ambil sepatu itu dan diamkan beberapa saat sampai suhu sepatu normal. Kemudian, gunakan sepatu seperti biasa. Bau tak sedap sudah hilang.

Pasir kucing

Pasir kucing adalah butiran-butiran pasir yang biasa digunakan oleh para pemilik hewan piaraan sebagai tempat binatang untuk membuang urine.
Untuk menghilangkan bau tak sedap dari sepatu, caranya adalah sebagai berikut: Ambil stocking atau kaus kaki usang dan isi dengan pasir kucing yang berbau wangi. Ikat ujungnya dengan karet gelang dan tempatkan di dalam sepatu di malam hari untuk menyerap bau dan kelembapan.
Pada pagi harinya, sepatu sudah tidak akan berbau lagi. Jangan lupa untuk membuang pasir kucing setelah digunakan.

Kopi

Pastikanlah bahwa sepatu anda dalam keadaan bersih dan kering terlebih dahulu sebelum Anda memasukkan kopi ke bagian dalamnya. Agar Anda tidak kerepotan saat membersihkan bubuk kopi dari dalam sepatu, bungkuslah bubuk kopi menggunakan kertas tisu.
Lalu masukkan bungkusan kopi tersebut ke dalam sepatu Anda. Biarkan semalaman agar kopi secara maksimal menetralkan bau di dalam sepatu anda.
Pada pagi harinya, keluarkan bungkusan kopi itu dari dalam sepatu dan bersihkan sisa-sisa kopi yang mungkin masih ada di dalamnya. Gunakan sepatu Anda yang sekarang sudah tidak berbau lagi.




Hirukpikuknews
HirukPikuk Updated at: 10.09.00
Tidak ada komentar:
Write komentar

FOLLOW ME hirukpikuk
Join Our Newsletter